Ideologi Pendidikan Islam yang Terkandung dalam
Surat Al-Alaq ayat 1-5 Pages
Al-Quran dan Hadits (Materi Al-Hashr (59) :21)
“Konsep Berfikir”
Objek yang dipikir
adalah Al-Qur’an. Al-Qur’an adalah informasi yang diberikan Allah yang
berkenaan dengan duniawi dan akhirat.
Ayat
dan terjemahan surat Al-Hashr (59) : 21
“Kalau sekiranya Kami
menurunkan Al Qur’an ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya
tunduk terpecah belah disebabkan takut kepada Allah. Dan
perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka berpikir.”
Berfikir adalah gejala jiwa yang dapat menetapkan
hubungan-hubungan sesuatu yang menjadi ia tahu atau ssuatu kegiatan yang
melibatkan otak kita bekerja. Hanya proses
berfikir yang hakiki saja yang menghasilkan kebangkitan itu. Hal yang
terpenting adalah konsisten.Tafsir Surat An-Nisa Ayat 9 PENDIDIKAN LIFE SKILL
A. Ayat dan
Terjemah Surat An-Nisa Ayat 9
وَلْيَخْشَ الَّذِيْنَ لَوْتَرَكُوْا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعَافًا
خَافُوا عَلَيْهِمْ فَلْيَتَّقُوا اللهَ وَلْيَقُولُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا.
Artinya: Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di
belakang mereka yang mereka khawatir
terhadap
(kesejahteraan) nya. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertaqwa kepada Allah,
dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar. (An-Nisa/4:9)
B.
Kandungan Tafsir Surat An-Nisa ayat 9
Ayat ini juga
menjelaskan mengenai harta waris. Turun sebagai peringatan kepada
orang-orang yang berkenaan dengan pembagian harta warisan
agar jangan menelantarkan anak-anak yatim
yang dapat berakibat pada kemiskinan dan ketakberdayaan.
Pendidikan life
skill adalah kecakapan hidup yang dimiliki oleh seseorang untuk berani
menghadapi problema kehidupan secara wajar, kemudian secara proaktif dan
kreatif mencari serta menemukan solusi sehingga mampu mengatasinya. Pendidikan kecakapan hidup
adalah pendidikan kemampuan, kesanggupan dan ketrampilan yang diperlukan oleh
seseorang untuk menjaga kelangsungan hidup dan pengembangan dirinya. Kemampuan
mencakup daya pikir, daya kalbu, dan daya raga.
Pendidikan
Kecakapan
Hidup (life skills)
lebih luas dari sekedar keterampilan bekerja, apalagi
sekedar
keterampilan manual.
Menurut
Jecques Delor
mengatakan
bahwa
pada
dasarnya program life
skills ini berpegang pada empat pilar pembelajaran yaitu sebagai berikut:
1. Learning to know (belajar
untuk
memperoleh
pengetahuan).
2. Learning to do (belajar
untuk
dapat
berbuat/bekerja).
3. Learning to be (belajar
untuk
menjadi orang yang berguna).
4. Learning to live together (belajar
untuk
dapat
hidup
bersama
dengan orang lain).
Pendidikan kecakapan hidup merupakan konsep pendidikan
yang bertujuan untuk mempersiapkan warga belajar agar memiliki keberanian dan
kemauan menghadapi masalah hidup dan kehidupan secara wajar tanpa merasa
tertekan kemudian secara kreatif menemukan solusi serta mampu mengatasinya.
Unsur-unsur pendidikan life skills:
1. Terampil mengenal diri
2. Terampil berfikir rasional
3. Terampil bermasyarakat
4. Terampil bekerja (vokasional/hard
skills)
Soft skills terbagi dua, yaitu Intrapersonal skills dan Interpersonal
skills. Intrapersonal skills meliputi awareness, goal setting, belief, love,
positive energy, concentration dan decision making. Interpersonal skills
meliputi communication, motivation skills, team building dan mediation.
Ayat ini menerangkan
bahwa setiap kelemahan dan kekurangan berupa kelemahan ekonomi, kurang
stabilnya kesehatan fisik serta kelemahan intelegensi anak adalah
tanggung jawab kedua orang tuanya maka ayat ini menegaskan bahwa setiap
generasi itu harus memiliki kecakapan life skill agar tidak menjadi kaum
yang tertinggal.
Pengertian
dari life skill itu sendiri adalah kecakapan hidup yang dimiliki oleh
seseorang untuk berani menghadapi masalah kehidupan secara wajar,
kemudian secara proaktif dan kreatif mencari serta menemukan solusi
sehingga mampu mengatasinya. Unsur-unsur pendidikan life skills yaitu :
- Terampil mengenal diri (Soft skills)
- Terampil berpikir rasional (Soft skills)
- Terampil bermasyarakat (Soft skills)
- Terampil bekerja (Vocational / Hard skills)
SOFT SKILLS
INTRAPERSONAL
|
INTERPERSONAL
|
Awareness
|
Communication
|
Goal Setting
|
Motivation Skill
|
Belief
|
Team Building
|
Love
|
Mediation
|
Positive Energy
| |
Consentration
| |
Decision Making
|
D. Hubungan Pendidikan Life Skill dan
surah An-Nisa/4:9
Apa
yang dilakukan Lukman dalam menginteralisasikan nilai-nilai kepada putranya adalah contoh yang baik bagi pendidikan informal di rumah tangga, sebagaimana terekam dalam
Surah Luqman/31: 13-19
Salah satu firman Allah swt yang mengharuskan setiap umat tidak meninggalkan di belakang mereka generasi yang lemah, tak berdaya, dan tak memiliki daya saing dalam kompetensi kehidupan dapat dibaca dalam surah An-Nisa/4:9
sebagai berikut:
وَلْيَخْشَ الَّذِيْنَ لَوْتَرَكُوْا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعَافًا
خَافُوا عَلَيْهِمْ فَلْيَتَّقُوا اللهَ وَلْيَقُولُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا.
Artinya: Dan
hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di
belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap
(kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaknya mereka mengucapkan perkataan yang benar.
Rangkaian ayat diatas berbicara tentang hak waris anak-anak yatim
yang harus ditunaikan
secara baik.
Langganan:
Postingan (Atom)
Blog Subscription
Search this blog
Popular Posts
-
ISI KANDUNGAN SURAT AL-BAQARAH AYAT 31-32 DAN KONSEP PENGAJARN AT TA’LIM A. Surat Al-Baqarah ayat 31-32 وَعَ...
-
Al- a’raf : 169 فَخَلَفَ مِن بَعْدِهِمْ خَلْفٌ وَرِثُوا الْكِتَابَ يَأْخُذُونَ عَرَضَ هَٰذَا الْأَدْنَىٰ وَيَقُولُونَ سَيُغْفَرُ لَن...
-
Tafsir Surah A-Isro (17:23-24) Pendidikan Karakter A. Teks Ayat dan Terjemahan Surah Al-Isra ayat 23 -24 ﴿بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَـ...
-
1. Konsep At-Tilawah a. Defenisi Tilawah Al-Raghib ( tt:71 ) menjelaskan, tilawah . secara bahasa artinya tabi’a – mutaba’...
-
A. Kandungan QS. An-nahl (16): 78 QS AN NAHL : 78 وَاللَّهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ لا تَعْلَمُونَ شَيْ...
-
QS. LUQMAN: 12-19 A. Ayat dan Terjemah dari QS. Luqman ayat 12-19 وَلَقَدْ آتَيْنَا لُقْمَانَ الْحِكْمَةَ أَنِ اشْكُرْ لِلَّهِ وَ...
-
A. Ayat dan Terjemah Surat An-Nisa Ayat 9 وَلْيَخْشَ الَّذِيْنَ لَوْتَرَكُوْا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعَافًا خَافُوا ع...
-
Al-Quran dan Hadits (Materi Al-Hashr (59) :21) “Konsep Berfikir” Objek yang dipikir adalah Al-Qur’an. Al-Qur’an ada...
-
Tenaga Pengajar Privat Menerima Privat untuk Sekolah Dasar (SD/MI) kelas 1 s/d 6 semua mata pelajaran dan Sekolah Menengah Pertama (SMP...
Daftar Blog Saya
Shopping Online
Páginas vistas en total
Pages
Translate Here! :)
Diberdayakan oleh Blogger.
Translate
Datos personales
Blog Archive
-
▼
2013
(14)
-
▼
Juni
(13)
- Ideologi Pendidikan Islam yang Terkandung dalam ...
- Al-Quran dan Hadits (Materi Al-Hashr (59) :21) ...
- Tafsir Surat An-Nisa Ayat 9 PENDIDIKAN LIFE SKILL
- Tafsir Surah Al-A'raf Ayat 169 Konsep At-Tadris
- DEFINISI AL-QUR’AN HADIS DAN KEDUDUKANNYA DALAM BI...
- Tafsir Surah A-Isra (17:23-24) PENDIDIKAN KARAKTER
- TAFSIR SURAT AL-BAQARAH AYAT 31-32 KONSEP PENGAJA...
- Tafsir Surat An-nahl (16): 78 POTENSI EDUKATIF MAN...
- Tafsir Surat Al-Baqarah (2):129, Ali-Imran(3):164...
- DEFINISI AL-QUR’AN HADIS DAN KEDUDUKANNYA DALAM BI...
- Tafsir Surat At- Tahrim PENDIDIK UTAMA : ORANGTUA ...
- Cara Efektif Memahami Isi Buku
- KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM
-
▼
Juni
(13)