Tafsir Surah A-Isra (17:23-24) PENDIDIKAN KARAKTER

Tafsir Surah A-Isro (17:23-24) Pendidikan Karakter
A.    Teks Ayat dan Terjemahan Surah Al-Isra ayat 23-24
﴿بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَـنِ الرَّحِيمِ﴾
وَقَضَى رَبُّكَ أَلاَّ تَعْبُدُواْ إِلاَّ إِيَّـاهُ وَبِالْوَلِدَيْنِ إِحْسَـناً إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِندَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلاَهُمَا فَلاَ تَقُل لَّهُمَآ أُفٍّ وَلاَ تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلاً كَرِيمًا (23)
وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُل رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيرًا (24)
Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu. Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-sekali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. (23)
Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah. ‘Wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku di waktu kecil. (24)
Tafsir Surah Al-Isra ayat 23-24(Tafsir Ibnu Katsir) 
  Allah memerintahkan kepada hamba-hamba-Nya untuk menyembah Dia semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Kata qada dalam ayat ini mengandung makna perintah.  

Selanjutnya disebutkan perintah untuk berbakti kepada kedua orang tua. Untuk itu Allah SWT berfirman :
 وَبِالْوَلِدَيْنِ إِحْسَـناً
Dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu
Yakni Allah memerintahkan kepadamu untuk berbuat baik kepada ibu bapakmu.makna ayat ini sesuai dengan firman Allah yang disebutkan dalam ayat lain:
اَن اشْكُرْلى وَلوَالدَيكَ. الَى المَصير
Bersyukurlah kepada Ku dan kedua orang tuamu, hanya kepada-Kulah kembalimu. (QS. Luqman:14).
Ada pun firman Allah :
إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِندَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلاَهُمَا فَلاَ تَقُل لَّهُمَآ أُفٍّ
jika salah satu dari keduanya atau kedua-duanya telah berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka janganlah sekali-kali kamu mengatakan “ah” kepada keduanya
 Artinya janganlah kamu mengeluarkan kata-kata yang buruk kepada keduanya,sehingga kata “ah” pun yang merupakan kata-kata buruk yang paling ringan tidak diperbolehkan.
وَلاَ تَنْهَرْهُمَا
Dan janganlah kamu membentak mereka
Yakni janganlah kamu bersikap buruk kepada mereka, seperti yang dikatakan oleh Ata Ibnu Rabah sehubungan dengan makna firman-Nya:
وَلاَ تَنْهَرْهُمَا
Dan janganlah kamu membentak mereka
Maksudnya, janganlah kamu menolakkan kedua tanganmu terhadap keduanya.
Setelah melarang mengeluarkan perkataan dan melakukan perbuatan buruk terhadap kedua orang tua, Allah memerintahkan untuk berbuat baik dan bertutur sapa baik terhadap kedua orang tua. Untuk itu Allah berfirman:
وَقُل لَّهُمَا قَوْلاً كَرِيمًا
Dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia
Yaitu bertutur sapa baik dan lemah lembutlah terhadap keduanya, serta berlaku sopan santunlah kepada keduanya dengan rasa penuh hormat dan memuliakannya.
وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ
Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan
Yakni berendah dirilah kamu dalam menghadapi keduanya.
Maksudnya berendah dirilah kepada keduanya ketika mereka telah berusia lanjut, dan berdoalah untuk mereka dengan doa ini bilamana keduanya telah meninggal dunia. Ibnu Abbas mengatakan bahwa kemudian Allah menurunkan firmannya:
ما كان للنبى والذىن امنوا ان يستغفروا للمشركىن......
Tiadalah sepatutnya bagi nabi dan orang-orang yang beriman memintakan ampun (kepada Allah ) bagi orang-orang yang musyrik…..(At-Taubah :113)
 Tafsir Surah Al-Isra ayat 23-24 (Tafsir Al-Misbah)
 Ayat diatas menyatakan Dan Tuhanmu yang selalu membimbing dan berbuat baik kepadamu. Telah menetapkan dan memerintahkan supaya kamu, yakni Engkau Wahai Nabi Muhammad Saw. dan seluruh manusia jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbakti kepada kedua orang tua, yakni ibu dan bapak kamu dengan kebaktian sempurna. Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya mencapai ketuaan, yakni berumur lanjut atau dalam keadaan lemah sehingga mereka terpaksa berada di sisimu, yakni dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” atau suara dan kata yang mengandung makna kemarahan atau pelecehan atau kejemuan. Walau sebanyak dan sebesar apapun pegabdian dan pemeliharaanmu kepadanya dan janganlah engkau membentak keduanya menyangkut apa pun yang mereka lakukan, apalagi melakukan yang lebih buruk dari membentak dan ucapkanlah kepada keduanya sebagai ganti membentak, bahkan dalam setiap percakapan dengannya perkataan yang mulia, yakni perkataan yang baik, lembut, dan penuh kebaikan serta penghormatan.
  Butir-Butir Penting dari Surah Al-Isro ayat 23-24
1.              Banyak hadis yang menganjurkanagar anak berbakti kepada orang tua dan mengutuk orang yang durhaka kepada kedua orang tua
2.              Rido Allah Swt adalaah rido orag tua. Murka-Nya adalah murka orang tua.
3.              Berbuat baik kepada orang tua akan memanjangkan usia
4.              Sebuah hadis mengatakan, “Seandainya ia(orang tua) memukulmu, padahal kamu tidak mengujarkan kalimmat yang buru, jangan memandang orang tua seolah (kamu ) merendahkannya, jangan angkat tangan(mu) tinggi-tinggi, jangan berjalan di depannya, jangan hanya memanggil hanya dengan namanya, jangan berbut sesuatu yang membuat orang lain memusuhinya, jangan duduk mendahuluinya, bantulah mereka sebelum mereka meminta bantuanmu.”
5.              Di sebuah riwayat, ada seorag lelaki memanggul ibunya di atas pundaknya dan melakukan thawaf. Saat itu Rosulullah melihatnya. Orang yang memanggul ibunya itu kemudian bertanya kepada Rosulullah “apakah aku telah berbakti kepadanya?” “bahkan dirimu belum membalas jasanya, meski satu rintihan ketika ibumu melahirkanmu!”
6.              Seseorang mendatangi Nabi Muhammad, mengadukan ihwal ayahnya. Nabi meminta agar sang ayah menghadapnya. Setelah bertemu Nabi Muhammad, sang ayah yang sudah tua itu bertutur, “ketika aku masih muda, kuat dan kaya, aku seriing membantu anakku, tetapi ketika ia sudah kaya ia tidak mau menolongku!” mendengar perkataan orang tua itu Rosulullah menangis sambil berkata, “tidak ada batu dan pasir yang tidak menangis mendengar cerita ini!” kemudian Rosulullah berkata kepada si anak “kamu dan kekayaanmu adlah milik ayahmu!”
7.              Sebuah hadis menyebutkan, seandainya si ayah memukul anaknya, maka si anak dianjurkan untuk mengucapkan, “semoga Allah mengampunimu!” kata-kata ini adalah ungkapan mulia.
8.              Arti dari orang tua bukan hanya ayah dan ibu. Ada beberapa hadis menyebutkan bahwa Nabi Muhammaad dn Amirul Mu’minin Ali bin Abi Tholib adalah ayah umat Islam dan Nabi Ibrahim adalah ayah orang Arab
9.              Al-Quran menyeru kepada manusia agar berbakti kepda orang tua, oleh sebab itu sudah seharusnya orang tua menjadi tauladan yang baik bagi anaknya
10.          Anak-anak harus merendahkan diri di hadapan orang tua
11.          Berbakti kepada orang tua landasannya adalah cinta dan kasih sayang, bukan basa-basi atau karena mengharapkan imbalan materi
12.          Setiap anak harus mendoakan orang tuanya agar Allah senantiasa mencurahkan rahmat-Nya
Pesan-Pesan yang Terkandung dalam Surah Al-Isro ayat 23-24
1.        Mengesakan Allah Swt adalah pesan Tuhan yang paling penting.
2.        Berbakti kepada orang tua adalah salah satu sifat mengesakan Allah
3.         Perintah agar berbakti kepada orang tua, derajatnya sejajar dengan perintah mengesakan Allah
4.         Generasi muda dan orang tua sepatutnya membangun hubungan dengan landasan iman
5.        Berbakti kepada orang tua, tidak disyaratkan bahwa orang tua harus muslim
6.         Berbakti kepada orang tua harus dilakukan oleh seorang anak tanpa perwakilan
7.        Berbakti bisa berarti mencintai, mendidik, menghargai, berkomunikasi dengan baik.
8.         Berbakti kepada orang tua adalah kewajiban anak yang tidak pernah selesai untuk ditunaikan
9.         Jangan titipkan orang tua yang sudah renta di panti jompo atau semacamnya, anak-anaknya yang bertanggung jawab mengasuhnya
10.    Perbuatan dan ucapan yang baik sama-sama pentingnya
11.     Manusia harus berkata santun dan berbuat baik kepada orang tua tanpa pamrih dan tanpa mengharap balasan
12.     Berbakti kepada orang tua berbanding lurus dengan perintah agar manusia mengesakan Allah. Perintah tersebut dalam pandangan akal adalah sebuah konsekuensi logis dan dalam pandangan syariat bersifat wajib
13.    Doa anak terhadap orang tua sangat mustajab
14.     Mendoakan orang tua adalah ungkapan terima kasihseorang anak. Mendoakan orang tua adalah perintah Allah
15.     Penderitaann orang tua ketika merawat anaknya sewaktu kecil adalah perjuangan yang harus menndapatkan penghargaan setingi-tinginya
16.    Orang tua harus mendidik anaknya dengan penuh kasih sayang
17.    Manusia harus menghargai para pendidiknya

0 komentar:

Poskan Komentar